Tugas 5

Senin, 10 Desember 2012



1.      Membuat aplikasi seperti contoh :
-          Untuk membuat aplikasi menu pada form visual basic 2010 ialah pertama-tama buka visual studio 2010, kemudian buat form baru, kemudia isikan di dalam form tersebut dengan toolbox : menu strip,contex menu strip dan toolstrip dll , sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini :




2.      Atur posisi toolbar dan menu sesuai selera :
-          Di sini saya hanya mengubah beberapa posisi toolstrip yang tadinya di atas menjadi di samping kiri, kemudian menambahkan background pada form , sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini :


-          Kemudian saya tambahkan contexMenuStrip1, seperti gambar di bawah ini:
-          contexMenuStrip1 :


-          contexMenuStrip2 :


3.      Buatlah menu untuk tile vertikal,horizontal dan cascade :
-          Untuk membuat tile vertikal,horizontal dan cascade saya hanya menambahkan menu lagi yang berisi vertikal,horizontal dan cascade, kemudian saya tambahkan listing program seperti di bawah ini :

Private Sub ToolStripButton8_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton8.Click

        Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileVertical)

    End Sub
-          Gambar hasilnya :


-          Untuk horizontal saya tambahkan :

Private Sub ToolStripButton9_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton9.Click

        Me.LayoutMdi(MdiLayout.TileHorizontal)

    End Sub
-          Gambar hasilnya :


-          Untuk cascade saya tambahkan :

Private Sub ToolStripButton10_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles ToolStripButton10.Click

        Me.LayoutMdi(MdiLayout.Cascade)

    End Sub
-          Gambar hasilnya :


4.      Buat menu menggunakan library dan tambahkan dengan kreasi sendiri :
-          Untuk menu library saya hanya mengubah tampilan menunya dengan menggunakan panel dan tabcontrol dan isian menunya juga sama seperti ketika memakai menustrip.
-          Gambar hasilnya :



 Sekian dan Terima Kasih.




0 komentar:

Posting Komentar